Doa Memilih Bidang Bisnis (Choosing Sector)

Posted by Hardian Hafrizal Saturday, October 18, 2014 0 komentar


Memilih bidang usaha atau bisnis yang akan diterjuni adalah langkah yang cukup menentukan dalam keberhasilan bisnis atau usaha. Bukankah tidak sedikit para pengusaha atau pebisnis yang gagal kemudian baru menyadari bahwa bisnis atau usaha yang
dijalankannya bukan bisnis yang tepat untuknya?! Oleh karena itulah, memilih bidang bisnis merupakan langkah penting yang menentukan gagal atau suksesnya sebuah bisnis dan usaha.

Memilih bisnis atau usaha yang tepat ini juga berkaitan dengan besar atau tidaknya passion seseorang dalam menjalankan bisnis atau usahanya. Betapa banyak usaha atau bisnis yang telah berdiri dan berjalan, namun tidak bisa berkembang atau justru malah mundur dan akhirnya bangkrut, dikarenakan pelaku bisnisnya tidak bisa menikmatinya dan merasa terbebani dengan bisnis dan usahanya.

Sebagai pebisnis atau pengusaha Muslim, pertimbangan pertama dalam memilih bisnisnya adalah bisnis atau usaha yang tidak dilarang atau diharamkan oleh Allah H. Betapa banyak bidang bisnis dan usaha yang sekarang ada tapi ternyata dilarang dan diharamkan oleh Allah M. Pebisnis atau pengusaha Muslim tak boleh tergiur oleh dorongan dari dalam dirinya maupun oleh tren pasar dan permintaan konsumen, yang akhirnya menyeretnya untuk meninggalkan syariat agama.

Nah, jika sudah sesuai dengan syariat Islam, maka dalam memilih itu, haruslah memohon petunjuk dan pertolongan dari Allah m yang mengetahui kebaikan bagi kita dalam urusan- urusan dunia, apalagi urusan-urusan akhirat. Doa-doa di atas sebaiknya sering dibaca seorang pebisnis atau pengusaha saat akan memulai bisnis dan hendak menentukan bidang bisnisnya. Dibaca setelah selesai shalat lima waktu dan juga ketika qiyamul lail di keheningan malam untuk bermunajat kepada Allah


Allahumma aslamtu laka nafsi ilaika wa wajjahtu wajhi tluika wafawwadhtu amriilaika la malja'a wa la manja minka illti ilaika amantu bi kitabikalladzi anzalta wa nabiyyikalladzi ar salta
Artinya:
"Ya Allah, aku menyerahkan (mengislamkan) diriku kepada- a lu dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu dan aku ■.nnhkun urusanku kepada-Mu. Tiada tempat mengungsi serta m i n< ari keselamatan dari-Mu kecuali hanya kepada-Mu pula. Uh beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan miln Mu yang telah Engkau utus." (HR. Bukhari dan Muslim)



Allahummaj’alna hadina muhtadina ghaira dhallina wala mudhillina harban li a'da'ika wa silman li auliyaika, nuhibbu bi hubbika man atha’aka min khalqika wa nu’adi bi ‘adawatika man khalafaka min khalqik. Allahumma hadzad dua'u wa ‘alaikal ijabah, Allahumma hadzal juhdu wa ‘alaikat tuklanJ121
Artinya:
“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang menunjukkan dan orang-orang yang mendapatkan petunjuk, bukan orang-orang yang tersesat, juga bukan yang menyesatkan, sebagai perlawanan kepada musuh-musuh-Mu dan perdamaian dengan kekasih- kekasih-Mu. Kami mencintai dengan cinta-Mu kepada orang yang taat kepada-Mu dari makhluk-Mu dan kami memusuhi dengan permusuhan-Mu kepada orang-orang yang berbeda dengan-Mu dari makhluk-Mu. Ya Allah, inilah doaku dan kepada-Mulah ijabah, ya Allah, inilah usahaku dan kepada-Mulah pasrah (tawakal)" (HR. at-Tirmidzi, ath-Thabarani, Ibnu ‘Asakir, dan lain-lain)

Doa pertama di atas sebenarnya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah $8 kepada kita. Doa itu dilafalkan ketika hendak merebahkan badan di tempat tidur dengan sedikit pengurangan lafal.

Diriwayatkan di dalam salah satu hadis Imam Muslim, bahwa Rasulullah  bersabda, yang artinya: "Ketika engkau hendak masuk dalam kamar tidurmu, maka lakukanlah wudhu seperti ketika hendak shalat. Lalu baringkan tubuhmu beralaskan bagian yang kanan, lalu berdoalah dengan doa tersebut. Jika engkau meninggal pada malam itu maka engkau akan meninggal dalam keadaan fitrah"

Benar, kita mengetahui itu. Namun, tidak salah juga ketika doa tersebut juga kita baca sebagai bentuk kepasrahan kita kepada Allah fg, ketika kita mempunyai sebuah urusan. Karena, di dalam doa itu juga terkandung kepasrahan seorang Muslim tentang urusannya. Ya Allah, aku menyerahkan (mengislamkan) diriku kepada-Mu dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu.

Di siang hari berusahalah. Ketika malam menyambut, serahkanlah urusan-urusan Anda— termasuk urusan bisnis dan usaha kepada Allah §g, agar apa yang telah Anda lakukan mendapatkan pertolongan dan pengawalan dari-Nya. Kita tak hanya memanjatkan doa ketika hendak tidur saja, tapi kita juga memanjatkannya di waktu-waktu mustajab dan tempat-tempat mustajabah, sehingga Allah fg mengabulkan doa-doa kita.
Para ahli kesehatan dan psikologis sepakat bahwa dalam keadaan tidur itulah, otak manusia beristirahat dengan baik. Sehingga, apa pun yang dia pikirkan atau pilihan yang dia ambil ketika bangun tidur terbebas dari pengaruh pihak-pihak luar.

Pilihan itu akan menjadi lebih meyakinkan jika tidurnya diawali dengan doa kepasrahan dan menyerahkan diri kepada pilihan Allah M untuknya tersebut.

Musyawarah dengan pihak-pihak yang kompeten dan berpengalaman serta ikhlas juga merupakan anjuran agama sebelum memilih segala sesuatu. Rasulullah M saja masih diperintahkan Allah untuk bermusyawarah dengan para sahabatnya ketika hendak menentukan atau memilih sesuatu perkara. Firman Allah H:


"Dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan i lu Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertawakal kepada-Nya.” (Ali Imran: 159)

Untuk lebih memantapkan pilihan bidang bisnis seorang calon pengusaha juga harus melakukan shalat istikharah


12 Hadis ini dinyatakan dhaif oleh al-Albani dalam Dhatf al-Jami' ash-Shaghir wa Ziyadatih, no. 1194, juz 1, hlm. 169 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Doa Memilih Bidang Bisnis (Choosing Sector)
Ditulis oleh Hardian Hafrizal
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doaspiritual.blogspot.com/2014/10/doa-memilih-bidang-bisnis-choosing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
DMCA.com
Copyright of Doa Khusus Spiritual - privacy-policy - terms-and-conditions - personal-web-site-agreement - credit for cara membuat email. Pangeran Kapas Pasir Sirem Pamarayan Banten - Cirebon 2010 - .